Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek sebagai Variabel Intervening

Main Author: Wandira, Ayu
Other Authors: Paramita, Eristia Lidia
Format: Thesis application/pdf Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/25355
Daftar Isi:
  • Electronic Word of Mouth (eWOM) terbentuk dari opini seorang konsumen, calon konsumen, serta mantan konsumen dan merupakan sebuah pernyataan baik positif maupun negatif dari produk yang bisa diakses melalui sosial media. Penggunaan sosial media juga dimanfaatkan beberapa perusahaan agar dapat melihat timbal balik yang diberikan oleh konsumen tentang produknya. Pada saat yang bersamaan, sosial media berfungsi sebagai pertimbangan bagi konsumen. Adanya informasi yang dicari atau diinginkan oleh konsumen tersebut, maka informasi yang diberikan beauty vlogger dapat menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen untuk membeli suatu produk Hal ini penting karena dimungkinkan bahwa keputusan pembelian konsumen dipengaruhi secara tidak langsung melalui citra merek yang kuat pada produk make over tersebut Persoalaan penelitian ini meliputi Electronic Word of Mouth (eWOM) mempengaruhi citra merek? Apakah Electronic Word of Mouth (eWOM) mempengaruhi keputusan pembelian? Apakah Electronic Word of Mouth (eWOM) mempengaruhi keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening? Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan konsumen yang sudah pernah melihat vlog dari beauty vlogger di Youtube untuk mencari review produk Make Over Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 orang Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Uji hipotesis menggunakan analisis path (path analysis) menunjukkan hasil penelitian membuktikan bahwa eWOM berpengaruh terhadap citra merek produk make over, eWOM tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan eWOM berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening.
  • Electronic Word of Mouth (e-WOM) is formed from the opinions of a consumer, prospective consumers, and former consumers and is a statement both positive and negative of products that can be accessed through social media. The use of social media is also used by several companies to be able to see the reciprocity provided by consumers about their products. At the same time, social media serves as a consideration for consumers. The existence of information sought or desired by these consumers, then the information provided by beauty vloggers can be a consideration for consumers to buy a product It is important because it is possible that consumer purchasing decisions are influenced indirectly through a strong brand image on the makeover product. Does Electronic Word of Mouth (e- WOM) influence purchasing decisions? Does Electronic Word of Mouth (e-WOM) influence purchasing decisions through brand image as an intervening variable? The type of research used in this research is quantitative. The population used in this study is consumers who have seen vlogs from beauty vloggers on YouTube to look for makeover product reviews The number of samples in this study is 150 people The data used in the form of primary data obtained through the dissemination of questionnaires. Hypothesis tests using path analysis showed that the results of research proved that e-WOM affects the brand image of makeover products, e-WOM has no effect on purchasing decisions and e-WOM affects purchasing decisions with brand image as an intervening variable.