Persepsi Guru yang Belum Bersertifikasi Terhadap Kompetensi Guru Sertifikasi di SMP Wilayah UPT Dinpendik Kecamatan Kandangan Kab. Temanggung

Main Author: Suyantini
Other Authors: Supramono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2508
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru yang belum sertifikasi terhadap kompetensi guru bersertifikasi di SMP wilayah UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Penelitian menggunakan metode deskriptif yang melibatkan 54 guru yang belum bersertifikasi. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi social. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa guru-guru bersertifikasi di SMP wilayah UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung memiliki kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi social tinggi.
  • This research is aimed to analyze the perception of uncertified teachers towards the competency of certified teachers in some state vocational schools in Temanggung. This study use descriptive method that involve 5 uncertified teachers. The teachers competencies which are studied are pedagogical competency, personality competency, professional competency and social competency. The research showed that the certified teachers in junior high school in area UPT Dinas Pendidikan Kandangan district, Temanggung regency, have high pedagogical competency, personality competency, professional competency and social competency.