Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas 5 SD

Main Author: Arifandi, Mufti
Other Authors: Kristin, Firosalia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/24390
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Ledok 02 Salatiga yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 5 SDN Ledok 07 Salatiga yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen observasi dan instrumen soal. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada instrumen observasi memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 yang berarti 0,002 < 0,05 dan pada instrumen soal menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,005 maka kedua data tersebut Ho=ditolak dan Ha=diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas-5 SD pada muatan pelajaran IPA tahun pelajaran 2019/2020.