Pola Komunikasi Organisasi dalam Menangani Konflik (Studi pada Organisasi Himpunan Pecinta Alam Mitra Gahana Universitas Kristen Satya Wacana)
Main Author: | Ayu Aristiani, Laras |
---|---|
Other Authors: | Suwartiningsih, Sri, Krisnawati, Ester |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2344 |
Daftar Isi:
- Organisasi Mitra Gahana adalah salah satu contoh dari bentuk kumpulan antar individu yang memiliki kesamaan minat yaitu kecintaan terhadap alam. Organisasi kemahasiswaan ini merupakan organisasi pecinta alam yang anggotanya para mahasiswa Univeristas Kristen Satya Wacana Salatiga. Sebagai organisasi yang bersifat sukarela karena berdasarkan kesamaan minat dan ketertarikan terhadap kecintaan kepada alam. Karena sifatnya yang tidak mengikat secara struktural organisasi ini memiliki pola komunikasi yang unik, terutama dalam penyelesaian-penyelesaian terhadap konflik yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi dalam menangani konflik di organisasi Himpunan Pecinta Alam Mitra Gahana Universitas Kristen Satya Wacana. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil akhir penelitian ini organisasi mitra gahana memiliki ciri pola komunikasi model lingkaran dan model roda. Pola komunikasi model lingkaran tidak dapat menyelesaikan konflik dan mengatasi masalah organisasi, sedangkan pola komunikasi model roda mampu menyelesaikan konflik dalam organisasi HMPA Mitra Gahana.
- Mitra Gahana organization is one example of the form of a collection among individuals who have a common interest which is love of nature. This student organization is an organization whose members are natural lovers of the Satya Wacana Christian University Salatiga. As a voluntary organization as based on common interests and interest in the love of nature. Because it is not binding on the structural organization has a unique communication patterns. Especially in the settlements of conflicts. This study aims to determine patterns of organizational communication in dealing with conflict in the organization Himpunan Pecinta Alam Mitra Gahana Satya Wacana Christian University. The method used is a qualitative approach and descriptive type of research. The final results of this study Mitra Gahana organizations have a characteristic circular model of communication patterns and models of wheel. Circular model of communication patterns can not resolve conflicts and solve organizational problems, while the communication pattern wheel models capable of resolving the conflict in the organization HMPA Mitra Gahana.