Efektivitas Model Perkualiahan (Asesmen Pembelajaran) Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (IK) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa S1 PGSD FKIP UKSW
Main Author: | Wardani, Naniek Sulistya |
---|---|
Format: | Article application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Progdi PGSD-FKIP UKSW Salatiga
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/23 |
Daftar Isi:
- Scholaria : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1, No. 2, Mei 2011, p. 73-93
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektifitas model perkuliahan (Asesmen Pembelajaran) kooperatif tipe IK untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Klas B dan E RS 09 S1 PGSD FKIP UKSW pada semester 2 tahun 2010/2011.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian quasi eksperimen pengembangan model perkuliahan dan tahap perkuliahan asesmen pembelajaran. Subyek yang diteliti sejumlah 82 mahasiswa (Kelas B dan E masing-masing 41 mahasiswa). Keefektifan pengembangan model perkuliahan dianalisis denganpersamaan struktural atau Lisrel, dan peningkatan kreativitas mahasiswa dianalisis secara diskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas penggunaan model perkuliahan IK dalam perkuliahan asesmen pembelajaran yang ditunjukkan oleh besarnya nilai Chi-Square sebesar 162,20. Ini berarti model perkuliahan IK memiliki tingkat independensi yang tinggi atau indikator yang digunakan dapat menngukur ketiga faktor kreativitas kelancaran, fleksibelitas dan orisinalitas. Penggunaan model IK juga dapat meningkatkan kreativitasmahasiswa, yang nampak pada kelancaran siswa dalam memilih topik, kemampuan menerapkan perencanaan, kemampuanmelakukan analisis dan kemampuan menyajikan hasil