Pengaruh Model Paikem Gembrot terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-A pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 2 Susukan

Main Author: Widyatmiko, Bagus
Other Authors: Kriswandani, Afriani, Silvia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2293
Daftar Isi:
  • Lembar Pengesahan tidak disertai tanda tangan dosen pembimbing
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengarauh model PAIKEM GEMBROT terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII-B (kelas kontrol) di SMP Negeri 2 Susukan tahun pelajaran 2011/2012. Data dikumpulkan dengan metode tes yaitu pretest sebagai tes awal sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Uji-t digunakan untuk menguji perbedaan minat dan hasil belajar matematika diantara kedua kelas, sehingga dapat diketahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran tersebut. Hasil uji-t penelitian diperoleh nilai minat yang menunjukkan taraf signifikansi yang berarti ada perbedaan yang signifikan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai hasil belajar menunjukkan taraf signifikansi yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan minat ataupun hasil belajar matematika siswa, sehingga model PAIKEM GEMBROT berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII-A di SMP Negeri 2 Susukan. Model PAIKEM GEMBROT memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar matematika siswa, pengaruh positifnya berupa peningkatan minat belajar matematika siswa pada kelas VIII-A lebih tinggi dibanding kelas VIII-B. Minat belajar matematika siswa yang lebih tinggi pada kelas VIII-A secara tidak langsung juga membuat hasil belajar matematika siswa lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas VIII-B, sehingga model PAIKEM GEMBROT juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.