Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Beran Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun 2011/ 2012

Main Author: Triyassari Galuh Prabawati, Desi
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2217
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Oleh karena itu, membutuhkan proses yang digunakan untuk mengembangkan, menemukan pengetahuan dan menerapkannya. Salah satu proses yang dilakukan yaitu dengan melakukan percobaan (eksperiment) agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode eksperimen dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Beran Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun 2011/ 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari C. Kemmis & Mc Taggart. Dengan menggunakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan 1) perencanaan tindakan, 2) implementasi tindakan dan observasi, dan 3) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Beran sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan data statistik antar siklus yang meliputi skor rata-rata, skor minimal, skor maksimal dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 2 Beran Kepil melalui metode eksperimen. Hal ini nampak pada perbandingan peningkatan skor rata-rata IPA pada pra siklus, siklus I dan siklus II yakni 60.87 : 75 : 81 yang berarti ada peningkatan skor rata-rata IPA dari pra siklus ke siklus I sebesar 22.95% dan peningkatan skor rata-rata IPA dari pra siklus ke siklus II sebesar 32.77%. Kenaikan perbandingan skor minimal IPA dari pra siklus, siklus I dan siklus II yakni sebesar 28 : 48 : 68, ini menunjukkan adanya kenaikan skor minimal IPA dari pra siklus ke siklus I sebesar 71.43% dan peningkatan skor minimal dari pra siklus ke siklus II sebesar 83.33%. Kenaikan perbandingan skor maksimal IPA dari pra siklus, siklus 1 dan siklus II yakni sebesar 90 : 94 : 98, ini menunjukkan adanya kenaikan skor maksimal IPA dari pra siklus ke siklus I sebesar 4.44%, dan peningkatan skor maksimal dari pra siklus ke siklus II sebesar 8.88%. Kenaikan perbandingan persentase ketuntasan belajar IPA dari pra siklus, siklus 1 dan siklus II yakni sebesar 39.29 : 78.57 : 92.86. ini menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan belajar IPA dari pra siklus ke siklus I sebesar 39.28% dan kenaikan persentase ketuntasan belajar IPA dari pra siklus ke siklus II sebesar 53.57%. Saran bagi guru adalah sebagai bahan pertimbangan untuk menerapkan metode eksperimen pada pelajaran IPA, sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai sehingga hasil belajar siswa mencapai optimal.