Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi Pokok Bahasan Gerak Benda Pada Siswa Kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Fitriyani, Ratna
Other Authors: Christian Relmasira, Stefanus
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2205
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengambilan skor hasil observasi saat proses pembelajaran dan skor hasil belajar siswa dalam bentuk tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa hasil belajar IPA, siswa mengalami peningkatan setelah perlakuan siklus I dan siklus II yang menggunakan metode demonstrasi. Peningkatan hasil belajar IPA terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal hanya terdapat 7 siswa (29%) yang telah tuntas dalam belajarnya, dan 17 siswa (71%) yang belum mencapai (KKM=73) dengan rata-rata 62. Setelah dilakukan tindakan siklus I melalui 3 pertemuan ketuntasan belajar siswa meningkat, siswa yang mencapai (KKM=73) sebanyak 14 siswa (58%) dengan rata-rata 74, dan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa (92%) dengan rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012.