Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Menggunakan Teori Dienes dalam Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Model Mekanistik

Main Author: Fiesta Setyaning, Ratih
Other Authors: Ratu, Novisita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2188
ctrlnum 123456789-2188
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Menggunakan Teori Dienes dalam Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Model Mekanistik</title><creator>Fiesta Setyaning, Ratih</creator><contributor>Ratu, Novisita</contributor><subject>Teori Dienes dalam Model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Model Mekanistik</subject><subject>hasil belajar matematika</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang positif dan signifikan hasil belajar matematika siswa kelas V antara yang diajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan teori Dienes dan model mekanistik . Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu jenis True Experimental Design. Dalam desain ini, peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Ciri utama true experimental adalah bahwa, sampel yang digunakan untuk aksperimen maupun kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Dengan membandingkan antara kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan teori Dienes dalam model cooperative learning tipe jigsaw dengan kelas kontrol yang menggunakan model mekanistik. Penelitian ini dilakukan di SD N Giling dan SD N Pabelan 01. Hasil penelitian ini setelah dilaksanakan analisis data hasil dari uji t-tes diketahui 0,841 dengan probabilitas signifikasi 0,00&lt;0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran di kelas eksperimen dengan menggunakan teori Dienes dalam model cooperative learning tipe jigsaw dengan kelas kontrol yang menggunakan model mekanistik. Dilihat dari skor rata-rata hitung prestasi belajar, siswa yang pembelajarannya menggunakan mempunyai skor rata-rata hitung 81,5. Siswa yang pembelajarannya menggunakan model mekanistik mempunyai skor rata-rata hitung 70,6. Dari hasil uji t-test disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V yang diajar dengan teori Dienes dalam model cooperative learning tipe jigsaw dan model mekanistik.</description><date>2013-04-25T03:10:07Z</date><date>2013-04-25T03:10:07Z</date><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>12071022</identifier><identifier>292008190</identifier><identifier>http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2188</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW</publisher><recordID>123456789-2188</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
File:application/pdf
File
author Fiesta Setyaning, Ratih
author2 Ratu, Novisita
title Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Menggunakan Teori Dienes dalam Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Model Mekanistik
publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
publishDate 2013
topic Teori Dienes dalam Model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Model Mekanistik
hasil belajar matematika
url http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2188
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang positif dan signifikan hasil belajar matematika siswa kelas V antara yang diajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dengan teori Dienes dan model mekanistik . Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu jenis True Experimental Design. Dalam desain ini, peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Ciri utama true experimental adalah bahwa, sampel yang digunakan untuk aksperimen maupun kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Dengan membandingkan antara kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan teori Dienes dalam model cooperative learning tipe jigsaw dengan kelas kontrol yang menggunakan model mekanistik. Penelitian ini dilakukan di SD N Giling dan SD N Pabelan 01. Hasil penelitian ini setelah dilaksanakan analisis data hasil dari uji t-tes diketahui 0,841 dengan probabilitas signifikasi 0,00<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran di kelas eksperimen dengan menggunakan teori Dienes dalam model cooperative learning tipe jigsaw dengan kelas kontrol yang menggunakan model mekanistik. Dilihat dari skor rata-rata hitung prestasi belajar, siswa yang pembelajarannya menggunakan mempunyai skor rata-rata hitung 81,5. Siswa yang pembelajarannya menggunakan model mekanistik mempunyai skor rata-rata hitung 70,6. Dari hasil uji t-test disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V yang diajar dengan teori Dienes dalam model cooperative learning tipe jigsaw dan model mekanistik.
id IOS3115.123456789-2188
institution Universitas Kristen Satya Wacana
institution_id 295
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana
library_id 271
collection Institutional Repository of Satya Wacana Christian University
repository_id 3115
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SALATIGA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3115
first_indexed 2022-09-30T07:42:02Z
last_indexed 2022-11-16T03:34:58Z
recordtype dc
_version_ 1766011948991774720
score 17.13294