Penggunaan Alat Peraga Kit IPA untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA pada Materi Struktur Bumi Kelas V SD Negeri 2 Kembaran Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Tahun 2011/2012

Main Author: Nugrohadi Triat Moko, Yuni
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2184
Daftar Isi:
  • Di dalam pembelajaran IPA, banyak siswa kelasV SD Negeri 2 Kembaran Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo banyak yang mengeluh dan mengalami kesulitan dalam memahami konsep IPA yang diajarkan oleh guru. Banyak ditemui beberapa kendala, sarana dan prasarana yang memadai dalam upaya meningkatkan minat dan prestasi siswa dalam mata pelajaran IPA khususnya yang terkait dengan materi yang sulit. Dari minat dan prestasi siswa yang dicapai siswa kelas V untuk pokok bahasan “struktur Bumiâ€� masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 31 siswa, hanya 20 orang (64,5%) yang berhasil mencapai nilai minimal 60, dan sebanyak 11 orang (35,5%) masih belum tuntas. Fenomena tersebut diatas di tindak lanjuti dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Alternative tindakan yang dilakukan ialah dengan menggunakan alat peraga KIT IPA, tujuan penggunaan alat peraga KIT IPA adalah agar tercipta suasana pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna serta dapat menumbuhkan minat untuk lebih membantu siswa dalam memahami konsep IPA. Lokasi penelitian adalah di kelas V SD Negeri 2 Kembaran Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Jumlah siswa 31 orang, penelitian dilakukan pada saat pembelajaran IPA. Pokok bahasan Struktur Bumi. Masalahnya adalah bagaimana penggunaan alat peraga kit ipa dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kembaran Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada siklus II seperti telah dikemukakan di atas, didapatkan rata-rata nilai siswa 77,5 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa sehingga dari jumlah yang tuntas belajar tersebut didapatkan ketuntasan 100%. Hal ini berarti ketuntasan klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat lebih dari 80% siswa tuntas belajar. Dari hasil penelitian tindakan kelas membuktikan bahwa penggunaan alat peraga KIT IPA dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Kembaran Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Guru diharapkan menggunakan alat peraga KIT IPA yang melibatkan siswa dalam kelas dan tidak hanya menggunakan pembelajaran konvensional saja. Guru diharapkan menggunakan alat peraga KIT IPA dalam pembelajaran jika ada murid yang memiliki karakteristik bahwa siswa tidak bisa belajar jika hanya mendengar penjelasan dari guru, artinya siswa dapat memahami pelajaran jika melakukan aktifitas, merasa kesulitan menangkap pelajaran jika belajar sendiri, minat dan prestasi belajar memerlukan dorongan dari luar.