Fektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry dan Pemanfaatan Media KIT IPA pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semster II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Setiyawan, Arief
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2183
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan metode inquiry dan pemanfaatan KIT IPA terhadap hasil belajar kognitif, efektif dan psikomotor IPA pada siswa kelas V SD Negeri Bringin 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan desain Pre-eksperimen, yang diteliti adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SD N Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupeten Semarang. Data diperoleh dari hasil pretest dan postest. Hasil pengolahan data menggunakan uji beda (uji t) dengan bantuan program penghitungan statistik SPSS 16.0 for Windows untuk data kognitif dan untuk data afektif dan psikomotor menggunakan pengolahan data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan pemanfaatan metode inquiry dan pemanfaatan KIT IPA efektif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar kognitif menunjukkan rata-rata nilai pretes 62,2 dan rata-rata nilai post tes meningkat menjadi 78,9. Sementara hasil t hitung yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung < t tabel (-8,152 < 2,064) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) yang menyatakan ada perbedaaan hasil pretes dan postes kemudian diperkuat dengan melihat signifikansi 2-tailed yang terdapat pada table Paired Sample Test yang menunjukkan 0,000 yang menyatakan bahwa perbedaan hasil pretes dan postest dari hasil perlakuan signifikan. Hasil belajar afektif siswa dengan angket dari siswa mencapai rata-rata 17,36 dan standar yang ditetapkan yaitu : 13. Hasil belajar psikomotor mencapai rata-rata 46,5 dan standar yang ditetapkan yaitu : 43. Sehingga penerapan metode inquiry dan pemanfaatan media KIT IPA efektif terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa.