Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar IPS Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Map pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Karangrejo Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Damas Sadewo, Yosua
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2168
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari masalah bahwa prestasi dan motivasi belajar IPS sangat rendah. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap bahwa mata pelajaran ini tidak terlalu penting dibandingkan dengan mata pelajaran lain seperti IPA dan Matematika. Pelajaran IPS dipandang kurang penting, karena selama ini metode pembelajaran masih bersifat konvensional dimana guru masih dominan dan siswa dikondisikan untuk menghafal mata pelajaran. Padahal mata pelajaran IPS memerlukan metode pembelajaran yang kreatif dan variatif yang dapat memicu motivasi dan prestasi belajar siswa. Berdasar pada kenyataan tersebut, maka peneliti menawarkan metode pembelajaran yang berbeda, dimana harapannya adalah dengan metode ini dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode mind map dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar pada siswa kelas 5 SDN 3 Karangrejo Tahun Pelajaran 2011/2012 sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2012 di SDN 3 Karangrejo Kec Selomerto Kab Wonosobo di kelas V sebagai subjek penelitian. Pendekatan yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 2 siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode mind map, ternyata dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa pada kondisi awal, dari total keseluruhan siswa yang sebanyak 12 siswa, ditemukan tidak mencapai setengah dari siswa yang lulus KKM yaitu 4 siswa yang lulus KKM atau 33.33%, kemudian setelah diberikan tindakan perbaikan pada siklus I siswa yang lulus KKM menjadi 8 siswa atau meningkat menjadi 66.67%; pada siklus II seluruh siswa lulus KKM dengan prosentase 100%. Motivasi belajar siswa juga meningkat secara signifinikan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I motivasi belajar IPS dengan menggunakan metode mind map sebesar 75% menjadi 95 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa metode mind map yang menekankan pada pemaksimalan otak kiri dan otak kanan, terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Karangrejo Kec Selomerto Kab Wonosobo. Dengan demikian, dapat disarankan bahwa metode ini dapat diaplikasikan secara luas dalam dunia pendidikan, khususnya dalam penerapan sebagai salah satu metode pembelajaran di sekolah.