Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDN Kebondalem 02 Kab. Batang Semester 2 Tahun 2011/2012
Main Author: | Asnawi |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi, Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2158 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebondalem 02 di ketahui bahwa pencapaian nilai IPA masih rendah , nilai rata-rata yang di peroleh 60 sedangkan KKM yang harus di capai adalah 63 .dari 20 siswa sebelum diadakan penelitian siswa yang hasil belajar nya tuntas adalah 49% (11 siswa dari 20 siswa) . berdasarkan latar belakang masalah ,maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV SDN Kebondalem 02 tahun pelajaran 2011-2012 ? sesudah diadakan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen , ketuntasan belajar siswa mencapai 100% (20 siswa). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Indikator hasil pembelajaran yaitu presentase belajar siswa 100% telah tercapai setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Hal ini pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen siswa lebih aktif belajar , serta kemandirian belajar siswa meningkat , sehingga daya serap siswa meningkat .