Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SD Negeri Gombong Semester II Tahun 2011/2012

Main Author: Zaenudin
Other Authors: Relmasira, Stefanus Ch.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2154
Daftar Isi:
  • Tujuan mata pelajaran Matematika adalah diharapkan membantu peserta didik untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan Matematika. Dengan sifat bangun datar dapat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat dalam menemukan serta menggunakan kemampuan analisis sifat bangun datar. Fenomena pelaksaan pembelajaran tersebut di atas terjadi di SD Negeri Gombong, dimana dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika hanya mengaktifkan guru, kegiatan yang monoton, serta kurangnya eksplorasi media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di Kelas V SD Negeri Gombong, bahwa pembelajaran Matematika dengan materi menetukan Sifat sifat bangun datar dalam penerapan pembelajarannya lebih menekankan pada metode yang mengaktifkan guru, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif, inovatif dan bervariasi, sehingga siswa kurang aktif, cepat bosan dan tidak paham dengan materi yang dijelaskan, serta tidak menggunakan media pembelajaran. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar Matematika sifat-sifat bangun datarf pada siswa kelas V SD Negeri Gombong ,Kecamatan Pecalungan,Kabupaten Batang dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Hasil penelitian diharapkan akan memberikan kontribusi dan bermanfaat baik bagi guru sebagai peneliti , siswa , institusi ataupun Pendidikan secara umum . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 18 yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Gombong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Gombong Kecamatan Pecalungan pada Kompetensi Dasar (KD) “ mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar setelah menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Implikasi penelitian adalah sebagai bahan pertimbangan guru untuk menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) pada pembelajaran Matematika, sesuai dengan Kompetensi Dasar yang akan dicapai sehingga hasil belajar siswa mencapai optimal. Bagi peneliti di bidang pembelajaran dan asesmen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan penelitian lebih lanjut.