Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Windartiningsih, Wiwik |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2153 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika harusdicapai sesuai dengan KKM yang ditetapkan. Namun KKM yang ditetapkan> 62,yang sebenarnya penguasaan kompetensi yang dicapai tidak optimal.Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa digunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw,agar siswa mampu belajar secara mandiri melalui kerjasama kelompok dapat saling tukar gagasan melibatkan siswa dalam mengambil keputusan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research.Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, dengan menggunakan 2 siklus, masing–masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni .tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observation),dan refleksi (reflection).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang dengan jumlah siswa 25.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir–butir soal dan lembar observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan rata-rata ,skor minimal, skor maksimal dan persentase antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa tentang mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Hal ini nampak pada peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pra siklus 56,40, siklus 1 naik menjadi 65 dan pada siklus ke 2 menjadi 77,24.Pada kondisi pra siklus skor minimal siswa 40,siklus pertama menjadi 50 dan pada siklus ke 2 skor minimal 55.Nampak ada peningkatan skor maksimal siswa yakni pada kondisi pra siklus 70,siklus 1 sebesar 80, siklus 2 sebesar 85.Nampak ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada kondisi pra siklus 32 %,siklus ke 1 sebesar 72 %,siklus ke 2 sebesar 88 %. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa guru harus mengubah pembelajarannya menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mendesain model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw .