Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wonokerso 01 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Suyatno
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2152
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan pengamatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wonokerso 01 diketahui bahwa pencapaian nilai IPA masih rendah. Nilai rata-rata yang diperoleh 56,90 sedangkan KKM yang harus dicapai 60. Berdasakan latar belakang masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi pada siswa kelas IV SD Negeri Wonokerso 01 semester II tahun pelajaran 2011/2012?. Sesudah diadakan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen ketuntasan belajar siswa mencapai 100% (21siswa) dari 21 siswa. Dengan menggunakan metode eksperimen ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan, yaitu prosentase siswa tuntas belajar 100% telah tercapai setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Dari 21 siswa sebelum diadakan penelitian siswa yang hasi lni laibelajarnya tuntas adalah 43% (9 siswa dari 21 siswa). Hal ini disebabkan dengan metode eksperimen siswa lebih aktif belajar. Sehingga daya serap siswa meningkat.