Penggunaan Model Pembelajaran Snow Ball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Mojotengah 01 Semester 2/2011-2012

Main Author: Sutoro
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2151
Daftar Isi:
  • Yang menjadi latar belakang penelitian ini ialah hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN Mojotengah 01 semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang rendah dan jauh dibawah KKM yang ditentukan yaitu 60. Penyebab rendah hasil belajar Matematika karena Guru dalam mengajar masih menggunakan metode konvensional. Pada pelajaran Matematika cenderung anak menganggap Matematika sulit dan membosankan dari latar belakang masalah tersebut kemudian dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada kelas IV SDN Mojotengah 01 semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 ? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mojotengah 01 yang terdiri dari 9 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi Data dan cara pengumpulan data menggunakan instrumen lembar Observasi dan hasil belajar siswa. Lembar Observasi digunakan untuk mencari data kualitatif, tes yang diberikan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sebagai data Kuantitati dan kualitatif dianalisis menggunakan analisis Deskriptif Komparatif yaitu membandingkan hasil tes masing-masing siklus. Hasil penelitian dari masing-masing siklus meningkat pada pembelajaran pra siklus jumlah siswa tuntas 5 atau 25% dan yang belum tuntas 15 atau 75%. Rendahnya hasil belajar pada kondisi awal karena guru dalam mengajar belum menggunakan metode yang Inovatif dan menyenangkan, untuk itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing hasil belajar meningkat, pada akhir siklus 2 jumlah siswa tuntas 17 atau 85% dan 3 siswa belum tuntas atau 15%. Adapun rata- rata klasikalnya 64. Simpulan dari penelitian ini ialah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Dalam pembelajaran Snowball Throwing siswa berlatih membuat pertanyaan atau soal dan dilemparkan pada temanya dan sesudah mendapatkan pertanyaan, mengerjakan dan memaparkan hasilnya. Belajar sambil bermain akan menggembirakan minat belajar Matematika dan dapat meningkatkan hasil belajar.