Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) pada Siswa Kelas IV SDN Semampir 01 Semester 2 Tahun 2011/2012

Main Author: Wahadi, Slamet
Other Authors: Relmasira, Stefanus C.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2145
Daftar Isi:
  • Mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan pada siswa mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar sampai dengan jenjang pendidikan Sekolah Menengah. Hasil observasi awal di SDN Semampir 01 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV. Guru kurang menggunakan metode yang bervariasi dan hasil belajar siswa masih rendah dengan ketuntasan klasikal sebesar 47,61%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV tersebut maka diterapkan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Semampir 01 pada pelajaran Matematika pokok bahasan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah?â€�. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dengan menerapkan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Semampir 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 2,60 dengan kategori baik dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor 3,40 dengan kategori sangat baik, (2) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 66,66% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 80,95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME).