Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Cooperative Script Bagi Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Pujianto |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2141 |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang terjadi di SD Negeri Kambangan 01 adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini terbukti bila diadakan ulangan harian per kompetensi dasar selalu hasil belajar matematika di bawah rata-rata matapelajaran lainnya. Siswa pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat bahwa siswa hanya mendengarkan penjelasan guru saja tanpa memberikan komentar. Penjelasan guru masih abstrak sehingga siswa kurang dapat memahami konsep .Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa,memperbaiki kinerja pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, meningkatkan layanan pendidikan terhadap siswa dengan lebih baik,meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan dengan menemukan alternative baru agar proses pembelajaran dapat diselenggarakan dengan baik. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan pedoman observasi dan data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar.Selanjutnya data yang terkumpul dianalisisi dengan menggunakan metode deskriptif analisis.Pelaksanaan tindakan diawali dengan membagi kelas menjadi tujuh kelompok, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran,kerja kelompok mengerjakan LKS, presentasi kelompok, dan latihan soal-soal. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada pembelajaran Matematika sifat bangun ruang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kenaikan skor rata-rata maupun ketuntasan belajar yang signifikan.Kenaikan skor rata-rata yaitu : siklus I 66,42 dan siklus II.75,36.Ketuntasan belajar siswa yaitu: siklus I 60,72 % (17 siswa) dan siklus II. 89,29 % (25 siswa) karena itu 25 siswa telah mendapat skor 62 keatas dan sudah memenuhi KKM Sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika siswa, sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternative pilihan pada pembelajaran matematika.