Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gumawang 0I Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang Semester II Tahun 2011 / 2012.
Main Author: | Sri Indriyati, Endang |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2138 |
Daftar Isi:
- Latar belakang peneliti melaksanakan penelitian ini adalah adanya masalah yang sering dihadapi guru antara lain: (1) Kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep matematika masih kurang. (2) Kesulitan dalam menghafal konsep matematika. (3) Kesulitan dalam memecahkan soal – soal matematika yang berbentuk penjumlahan dan pengurangan. (4) Pemahaman konsep masih rendah dan prestasi belajar juga rendah. (5) Metode dan pendekatan yang diterapkan oleh guru umumnya masih menerapkan metode ceramah. Permasalaham yang muncul kemudian bagaimana penggunaan : Model Pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat bagi siswa Kelas IV SD Negeri Gumawang 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melaksanakan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menggambarkan seberapa jauh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Gumawang 01 Tahun 2011 / 2012. Indikator keberhasilan dinyatakan sedikitnya 70% dari jumlah siswa mencapai KKM 60. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan pada akhir siklus II telah dicapai perkembangan hasil belajar yaitu nilai ulangan harian siswa rata – rata 74 dan akhir siklus I 69 dan pra siklus sebesar 55. Model Pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kemandirian belajar siswa meningkat.