Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran examples non examples dengan media power point siswa kelas V SDN Gemuh 01 Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang semester 2 tahun pelajaran 2011 / 2012
Main Author: | Harsoyo, Cipto |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus C. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2133 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran examples non examples dengan media power point siswa kelas V SDN Gemuh 01Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang semester 2 tahun pelajaran 2011 / 2012 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas subyek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri Gemuh 01 Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Model PTK yang digunakan adalah model kemmis dan target dengan dua siklus kondisi awal 36,36% menjadi 68,19 % pada siklus I, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90,90%, dan langkah – langkah mulai dari perencanaan, implementasi dan observasi, sampai dengan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan belajar dari kondisi pra siklus (awal) ke siklus I dan dari siklus 1 ke siklus 2. Dilihat dari rata – rata kelas pra siklus 52,27, siklus I 59,09 dan siklus II 65,56 menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa model pembelajaran examples non examples perlu disosialisasikan kepada para guru dan diterapkan dalam pembelajaran IPA disekolah untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.