Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Keluarga Melalui Model Cooperative Learning tipe Make A Match Siswa Kelas 1 Semester 2 SDN Kambangan 03 Kecamatan Blado Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Supatmi
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2124
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik harus dicapai sesuai dengan KKM yang ditetapkan.Namun,KKM yang ditetapkan ≥ 70,yang sebenarnya penguasaan kompetensi yang dicapai tidak optimal.Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa digunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Make A Match ,agar siswa mampu belajar secara mandiri melalui kerjasama kelompok dapat saling tukar gagasan melibatkan siswa dalam mengambil keputusan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema keluarga pada siswa kelas I di SD Negeri Kambangan 03 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 Jenis penelitian in adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action researd. Model PTK yang digunakaan adalah model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, dengan menggunakan 2 siklus,masing –masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni . tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observation),dan refleksi (reflection).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kambangan 03 ,Kecamatan Blado Kabupaten Batang dengan jumlah siswa ada 34 siswa ,yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini,adalah melalui tes dan observasi. Adapun instrument penelitiannya dengan menggunakan butir –butir soal dan lembar observasi.Teknik analisis yang digunakan adalah deskreptif komparatif yang meliputi perbandingan ,mean,skor minimal,skor maksimal,presentase. Hasil penelitian ini menunjukan ada peningkatan hasil belajar tema keluarga melalui penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match ,.Hal ini nampak pada peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pra siklus 58,24,siklus 1 naik menjadi 67,30 dan pada siklus ke 2 naik menjadi 74,12.Pada kondisi pra siklus skor minimal siswa 40,siklus pertama menjadi 40 dan pada siklus ke 2 skor minimal 50, Nampak ada peningkatan skor maksimal siswa yakni pada kondisi pra siklus 80,siklus 1 tetap 80,siklus 2 naik menjadi 90.Nampak ada peningkatan hasil belajar siswa pada kondisi pra siklus 58,24 %,siklus ke 1 menjadi 67,30 %,siklus ke 2 menjadi 74,12 %.Ada kenaikan yang signifikan dari kondisi pra siklus sampai tindakan siklus 2 sebesar 16,12 %. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa guru harus mengubah pembelajarannya menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mendesein model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match .