Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Kerja Kelompok dan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pungangan 02 semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Sumiyati
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2121
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan pengamatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pungangan 02 diketahui bahwa pencapaian nilai Matematika masih rendah. Nilai rata-rata yang diperoleh 57,50 sedangkan KKM yang harus dicapai 60. Berdasakan latar belakang masalah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode kerja kelompok dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri Pungangan 02 semester II tahun pelajaran 2011/2012?. Sesudah diadakan penelitian dengan menggunakan metode kerja kelompok ketuntasan belajar siswa mencapai 100% (16 siswa) dari 16 siswa. Dengan menggunakan metode kerja kelompok ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan, yaitu prosentase siswa tuntas belajar 100% telah tercapai setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dan alat peraga. Dari 16 siswa sebelum diadakan penelitian siswa yang hasil nilai belajarnya tuntas adalah 31,25% (5 siswa dari16 siswa). Hal ini disebabkan dengan metode kerja kelompok dan penggunaan alat peraga siswa lebih aktif belajar. Sehingga daya serap siswa meningkat.