Peningkatan Kemampuan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas I SD Negeri Binangun 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Sugiyati |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2116 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar berseri untuk kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri Binangun 02 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang akan digunakan sebagai penelitian adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Binangun 02 yang berjumlah 22 siswa, 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pos test pada akhir siklus. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 86,36% dari siswa kelas I telah mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal siswa yang nilainya memenuhi KKM terdapat 6 siswa (27,27%) dan yang belum memenuhi KKM terdapat 16 siswa (72,73). Siklus I menggunakan media gambar berseri dan terjadi peningkatan yaitu terdapat 12 siswa yang memenuhi KKM (54,54%) dan 10 siswa yang belum memenuhi KKM (45,46%). Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 19 siswa telah memenuhi KKM (86,36%) dan 3 siswa tidak memenuhi KKM (13,64%). Ini berarti bahwa penelitian telah berhasil, dibuktikan dengan nilai di atas KKM yaitu 65 (≥65) dan 86,36% siswa tuntas memenuhi KKM atau melebihi KKM yang ditetapkan. Disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD Negeri Binangun 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar guru menggunakan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan menulis untuk siswa Kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.