Upaya Meningkatkan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa dengan Alat Peraga Kartu Huruf dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Banaran Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Suaman
Other Authors: Kristi Mulyani, Petra
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2108
Daftar Isi:
  • Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran pokok , mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah. Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu dari tiga mata pelajaran yang mulai tahun Pelajaran 2007/2008 di masukkan dalam UN. Namun sampai sekarang Bahasa Indonesia masih menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh banyak siswa. Hasil belajar Bahasa Indonesia pun belum menunjukkan hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga Kartu Huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa SD kelas II semester 2. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, teman sejawat (guru) dan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II, semester 2 SD Negeri Banaran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia dan efektivitas penggunaan alat peraga kartu huruf untuk meningkatkan kelancaran membaca. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari tiga pertemuan yang masingmasing pertemuan terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kelancaran membaca siswa pada siklus I dan siklus II dengan SK / KD sama dalam kategori baik. Keaktifan siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus I dan siklus II dalam kategori sangat aktif. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu penggunaan peraga kartu huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa kelas II SD Negeri Banaran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang tahun pelajaran 2011/2012. Akhirnya peneliti menyarankan kepada seluruh guru untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran terutama dalam menggunakan alat peraga dan media yang menarik serta bervariasi sehingga dapat membawa siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan batas tuntas hasil belajar siswa dapat tercapai.