Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Siswa Kelas IV SDN Sembung 01 Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Munarsih, Sri
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2106
ctrlnum 123456789-2106
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Siswa Kelas IV SDN Sembung 01 Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012.</title><creator>Munarsih, Sri</creator><contributor>Wasitohadi</contributor><subject>Pembelajaran cooperative learning</subject><subject>Tipe TAI (Team Assisted Individualization)</subject><subject>hasil belajar matematika</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Untuk menemukan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012 sejumlah 30 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik tes, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes formatif yang mengalami peningkatan. Tingkat ketuntasan pada kondisi awal adalah 40%, siklus I 70% dan pada siklus II tingkat ketuntasan menjadi 100%.</description><date>2013-04-23T04:45:16Z</date><date>2013-04-23T04:45:16Z</date><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>12061106</identifier><identifier>262010788</identifier><identifier>http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2106</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><publisher>Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW</publisher><recordID>123456789-2106</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
File:application/pdf
File
author Munarsih, Sri
author2 Wasitohadi
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Siswa Kelas IV SDN Sembung 01 Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012
publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
publishDate 2013
topic Pembelajaran cooperative learning
Tipe TAI (Team Assisted Individualization)
hasil belajar matematika
url http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2106
contents Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Untuk menemukan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012 sejumlah 30 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik tes, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Sembung 01 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes formatif yang mengalami peningkatan. Tingkat ketuntasan pada kondisi awal adalah 40%, siklus I 70% dan pada siklus II tingkat ketuntasan menjadi 100%.
id IOS3115.123456789-2106
institution Universitas Kristen Satya Wacana
institution_id 295
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana
library_id 271
collection Institutional Repository of Satya Wacana Christian University
repository_id 3115
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SALATIGA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3115
first_indexed 2022-09-30T07:42:02Z
last_indexed 2022-09-30T07:42:02Z
recordtype dc
_version_ 1745381168479469568
score 17.538404