Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Penerapan Metode Demonstrasi dan Media Manik Manik pada Siswa Kelas IV SDN Surjo 02 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Aspinah, Siti
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2098
Daftar Isi:
  • Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa tingkat penguasaan materi masih rendah. Dari 22 siswa hanya 10 siswa yang mencapai standar KKM 65, sedangkan 12 siswa belum mencapai standar yang diharapkan oleh peneliti. Ini berarti bahwa siswa yang berhasil atau tuntas hanya 55%.Nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya 60,04. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, sebagai konsekuensinya peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dan media manik-manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Surjo 02, semester II, kelas IV, tahun pelajaran 2011/2012 dalam pelajaran matematika dengan kompetensi dasar menjumlahkan bilangan bulat. Pada tahap prasiklus dari 22 siswa hanya 10 siswa yang mampu mencapai standar KKM yaitu 65 dengan perolehan nilai rata-rata kelas 60,04. Selanjutnya setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I dua kali pertemuan dengan perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,68. Hasil tes pada pertemuan siklus I setelah diadakan pelaksanaan tindakan dari siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi dan media manik-manik, siswa yang mencapai standar KKM 65 sebanyak 14 siswa atau 68% dengan nilai rata-rata kelas 68,68. Selanjutnya pada pelaksanaan tindakan perbaikan pertemuan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,23. Dari 22 siswa yang mengikuti pembelajaran matematia sebanyak 21 siswa dapat mencapai standar KKM atau 95% siswa dapat tuntas belajar. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstras idan media manik-manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika tentang bilangan bulat kelas IV semester II SDN Surjo 02 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Hal init erbukti dengan hasil evaluasi dari pertemuan pertama siklus I sampai pertemuan kedua siklus II selalu mengalami peningkatan. Karena hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan kedua semua siswa sudah memperoleh nilai di atas 65 maka perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil.