Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 01 Tahun 2019/2020
Main Author: | Saputra, Eris Wijaya |
---|---|
Other Authors: | Setiawan, Yohana |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20529 |
Daftar Isi:
- Tidak diizinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah publikasi ke Jurnal Mitra Pendidikan.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk mata pelajaran matematika di kelas IV semester I. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik analisi data melalui teknik tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sugihan 01 sebanyak 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikethui bahwa: peningkatan hasil belajar matemtaika sebesar 68% siswa tuntas pada siklus I dan 91% siswa tuntas pada siklus II. Keaktifan belajar siswa dari siklus I sebesar 82% dengan kategori sangat aktif dan aktif pada siklus I, meningkat menjadi 100% siswa dengan kategori sangat aktif dan aktif pada siklus II. Telah terbukti bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika.