Perbedaan Kreativitas Mengajar pada Guru Sekolah Dasar yang Belum Bersertifikasi dan yang Sudah Bersertifikasi Melaui Jalur PLPG di Kecamatan Getasan

Main Author: Indah Handaruwati, Fatma
Other Authors: Sutriyono, Esti Ari P, Berta
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2051
Daftar Isi:
  • Lembar Pengesahan tidak disertai tanda tangan dosen pembimbing
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas mengajar pada guru sekolah dasar yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersetifikasi di kecamatan Getasan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar negeri yang sudah bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi dari 15 sekolah didapatkan 30 guru yang sudah bersertifikasi dan 30 guru yang belum bersertifikasi, pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpul daya yang digunakan adalah skala kreativitas mengajar menurut J.P Guilford dan E.P. Torrance (dalam Haláková,2007). Skala ini menggunakan model skala likert yang terdiri dari 4 alternatif jawaban, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda/ uji t. Hasil analisa data menggunakan Uji-t menghasilkan nilai uji-t = 0,921 dan P = 0,181 (P > 0,05) yang artinya tidak ada perbedaan antara kreativitas mengajar guru yang sudah bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi dikecamatan Getasan.
  • This study aimed to investigate the differences of teaching creativity for certified and not certified elementary school's teachers in Getasan Subs district. The subjects of this study were certified and not certified common elementary school's teachers from 15 schools in Getasan sub district consist of 30 certified teachers and 30 not certified teacher. Sampling teaching used in this study was Cluster Random Sampling technique and the instrument for collecting the data used was Teaching Creativity Scale based on J.P. Guilford and E.P. Torrance (on Halakova, 2007). This scale used likert scale model which consisted of 4 alternative answers, meanwhile data analysis which used was t-test analysis. The t-test analysis was utilised and resumted the t-score = 0,921 (p > 0,05). This suggested there was no difference in teaching creativity between certified and not certified teachers in Getasan subs district.