Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi

Main Author: Hamdani, Muhamad Surya
Other Authors: Mawardi, Wardani, Krisma Widi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20501
Daftar Isi:
  • Tidak diizinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Koripan 01 adalah rendahnya minat belajar, kurang aktifnya siswa mengakibatkan rendahnya keterampilan kolaborasi siswa. Kolaborasi yang akan ditingkatkan antaralain bisa beradaptasi dalam anggota, bekerja sama, menghargai setiap ide, bertanggung jawab, ikut berpartisipasi dalam kelompok. berdasarkan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Melalui model pembelajaran (Teams Games Tournament), dengan langkah-langkah antaralain: penyajian kelas, tim, permainan, pertandingan dan penghargaan kelompok. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua sklus, perencanaan, Pelaksanaan dan pengamatan, Refleksi. Dari hasil penelitian ini dihasilkan adanya peningkatan pada pra siklus nilai rata-rata keterampilan kolaboasi dari 61,81 meningkat pada siklus 1 dengan nilai rata-rata menjadi 67,27 dan lebih meningkat lagi pada siklus 2 nilai rata-rata menjadi 83,18. Dengan demikian hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran (TGT) didalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan kolaboasi dan hasil belajar siswa, juga dapat meningkatkan kekompakan peserta didik belajar kelompok, mampu belajar bertanggung jawab, menghargai pendapat teman dan juga adanya perbedaan.