Toleransi Agama pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Widhya Asih Badung di Tinjau dalam Perspektif Paul F. Knitter

Main Author: Putra, I Made Andika Adi
Other Authors: Lattu, Izak, Suprabowo, Gunawan Y. A.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Teologi FTEO-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20057
Daftar Isi:
  • Toleransi merupakan suatu hal yang sangat penting harus dipahami oleh setiap orang terkhusus bagi anak-anak. Pendidikan toleransi harusnya tidak mengenal batasan usia baik itu anak-anak atau orang dewasa. Pendidikan tolerasi merupakan hal yang harus diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya. hal ini di karenakan anak-anak harus di persiapkan untuk menghadapi dunia yang semakin plural ke depannya, agar mereka dapat menjalani hidupnya dengan baik. Pendidikan toleransi juga harus didapatkan oleh anak-anak yang tinggal tidak bersama dengan orang tuanya atau anak anak yang tinggal di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa toleransi yang di ajarkan oleh staf Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Widhya Asih Badung. Metode apa yang dilakukan untuk mengajarkan toleransi diantara anak-anak yang ada di LKSA. Penulis ingin melihat dan menganalisa bagaimana pendidikan toleransi yang telah dilakukan oleh staf LKSA Widhya Asih Badung berdasarkan model teologi agama-agama Paul F. Knitter. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena menonjolkan pandangan yang bersifat subjektif, dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam (in depth-interview). Melalui hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan oleh penulis. Toleransi yang di ajarkan oleh LKSA Widhya Asih badung sudah sangat baik sehingga bila di tinjau dari model teologi agama-agama Paul F. Knitter model teologi agama-agama Knitter sudah dapat dilakukan di LKSA Widhya Asih Badung.