Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui metode tutor sebaya kelas V SDN Kalibeluk 01 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Semester II Tahun 2011/2012
Main Author: | Sarwani Wiwik, Endang |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1984 |
Daftar Isi:
- Lembar Pengesahan tidak disertai tanda tangan dosen pembimbing
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V Semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus ada 3 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Pada awal sebelum diadakan penelitian tindakan kelas ketuntasan belajar hanya mencapai 30% dari rata-rata kelas 62. Pada siklus I pertemuan I menjadi 61,5%, pertemuan 2 76,9% dan pertemuan 3 92,3%. Pada siklus 2 pertemuan 1 6,5%, pertemuan 2 84,6% dan pertemuan 3 92,3% rata-rata kelas 74. Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain sehingga hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan harapan Untuk meningkatkan hasil belajar metode tutor sebaya dapat menjadi salah satu alternatif dalam mencapai tujuan pembelajaran