Penerapan Model Bounded Inquiry Lab Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Main Author: Apriliyana, Iva
Other Authors: Situmorang, Risya Pramana, Sastrodiharjo, Santosa
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi FB-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19458
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Pencapaian tujuan pendidikan nasional digambarkan dengan capaian kurikulum 2013. Kurikulum ini memiliki tujuan menghasilkan manusia Indonesia yang produktif, kreatif dan sikap unggul. Penting bagi guru untuk merancang pembelajaran yang berorientasi pada pengintegrasian antara pengetahuan kognitif dan sikap. Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa melalui penerapan model bounded inquiry lab berbantuan macromedia flash. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus, satu siklus penelitian terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penerapan model bounded inquiry lab berbantuan macromedia flash untuk hasil belajar siswa siklus I persentase paling besar ada pada kategori sedang dengan jumlah 52% dan terjadi penurunan 4 % dari 25 siswa dan siklus II persentase rata-rata 32% ada pada tiga kategori yaitu sedang, rendah terjadi penurunan atau tidak terjadi peningkatan. Hasil peningkatan sikap ilmiah dari siklus I ke siklus II di ukur melalui pengamatan aktivitas berdasarkan aspek sikap ilmiah. Rerata peningHasil peningkatan sikap ilmiah dari siklus I ke siklus II di ukur melalui pengamatan aktivitas berdasarkan aspek sikap ilmiah. Rerata peningkatan yang terjadi dari tiap aspek adalah 10%. Jadi untuk penerapan model bounded inquiry lab berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga pada materi struktur dan fungsi tumbuhan, untuk hasil belajar tidak terjadi peningkatan dan untuk sikap ilmiah siswa model bounded inquiry lab berbantuan macromedia flash dapat meningkatan sikap ilmiah siswa.
  • The aims of this study are to develop, produce, and to examine the effectiveness of integrated learning song modules based on flipped learning models to improve self-regulated learning and student cognitive learning outcomes. This development research (R&D) uses the Brog & Gall (1981) model which has been modified into eight stages. Data collection techniques used in the form of questionnaires, written tests, and observations. Analysis of the data used during development is qualitative and quantitative descriptive analysis and Paired Sample t-test. The results of the research that have been carried out can be concluded that 1) integrated learning song module based on the flipped learning model developed was declared feasible and effective to improve self-regulated learning and cognitive learning outcomes of Grace SMP “Anak Terang” Salatiga class VIII, based on the feasibility assessment of expert validators and students' responses to integrated learning song modules are very well implemented in classroom learning. 2) integrated learning song module based on flipped learning model on digestive system material in humans is effective in improving self-regulated learning and cognitive learning outcomes of Grace SMP “Anak Terang” Salatiga class VIII which is supported by the average self-regulated learning of 80% and average cognitive learning outcomes of students with a significant value of 0.00 <0.05 (significance level of 0.05) or equal to 80.5%.