Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Main Author: | Utami, Meilia Tyas |
---|---|
Other Authors: | Koeswanti, Henny Dewi, Giarti, Sri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19352 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik integratif pada kelas 5 SD Negeri Pagersari 01 melalui model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun 2018/2019 di SD Negeri Pagersari 01 Bergas pada kelas 5. Penelitian dilaksanakan melalui 2 tahapan yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dimulai pada tanggal 11 Februari 2019 s/d 13 Februari 2019 dan siklus II dimulai 18 Februari 2019 s/d 19 Februari 2019. Jumlah siswa seluruhnya adalah 29 dengan perempuan sebanyak 14 siswa sedangkan laki-laki sebanyak 15 siswa. Alasan subjek ini dipilih karena peneliti sangat tertarik dengan kelas tersebut, karena siswa cenderung masih pasif dalam melaksanakan kegiatan belajar megajar di kelas. Hal ini mendorong peneliti untuk mencari permasalahan penyebab serta mencoba untuk memperbaikinya. Objek penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa yang rendah dan berdampak pada hasil belajar siswa yaitu di bawah nilai KKM sebanyak 75. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti dalam tindakan ini menggunakan teknik tes dan non tes, lembar observasi, dokumentasi dan catatan personal siswa untuk mengetahui kondisi keterampilan berpikir kritis siswa.