Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas 4 SDN Mangunsari 05 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Rahmawati, Tutut
Other Authors: Harjono, Nyoto, Airlanda, Gamaliel Septian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19346
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan Proses belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN Mangunsari 05 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dalam proses belajar dan hasil belajar di SDN Mangunsari 05 belum mencapai tujuan pembelajarn, hal ini dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan tidak menyesuaikan dengan kondisi dan karakteristik siswa. oleh sebab itu dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup mencakup 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Peningkatan aktivitas belajar matematika terlihat pada kondisi awal/pra siklus hanya 65%, kemudian pada pada siklus I pertemuan I persentase aktivitas 70%, siklus I pertemuan II 90%. Pada siklus II pertemuan I persentase aktivitas siswa mencapai 80% dibanding siklus I, sedangkan pada siklus II pertemuan II persentase akativitas siswa mencapai 100% atau naik 10%. siklus I terlihat peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa dengan presentae 77,5% dan 9 siswa ysng nilainya belum tuntas atau dibawah KKM 70 dengan presentase 33,5%. siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM 70 sebanyak 33 siswa dengan pesentase 82,5%, dan terdapat 7 siswa yang masih dibawah KKM 70 atau belum tuntas dapat ditulis dengan presentase 17,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meeningkatkan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika.