Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 4 Subtema 1 Melalui Modelproblem Based Learning pada Siswa Kelas 5 SD N Mangunsari 02 Salatiga Semester 1 Tahun 2018/2019

Main Author: Walfajri, Ridha Unnafi
Other Authors: Harjono, Nyoto, Airlanda, Gamaliel Septian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19339
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Berdasarkan kegiatan observasi pada kelas 5 SD, hasil belajar tematik muatan IPA masih rendah. Belum tercapainya hasil yang memuaskan ini disebabkan oleh faktor ketidakaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPA kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes (observasi). Teknik analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Peningkatan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari skor yang diperoleh dari 6 indikator yang ditentukan, pada siklus I memperoleh rata-rata 35,75 yang meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 49,3. Sedangkan hasil analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa pada prasiklus tingkat ketuntasan siswa sebesar 9%, untuk siklus I tingkat ketuntasan sebesar 73%, dan siklus II tingkat ketuntasan sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar.