Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5–6 Tahun

Main Author: Liyana, Astien
Other Authors: Kurniawan, Mozes
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19274
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 Tahun 2019 dan dapat diakses http://obsesi.or.id.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Kanisius Jimbaran. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media speaking pyramid yang berisi materi media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris bagi anak. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa TK Kanisius Jimbaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji validitas media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun termasuk dalam kategori “sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi dan uji validitas media untuk materi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi. Dengan demikian, media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris dapat digunakan untuk tahap selanjudnya yaitu tahap uji coba produk.
  • The aim of this study is to develop speaking pyramid as an English vocabulary learning media for children 5 to 6 years old in TK Kanisius Jimbaran. This is a research and development. We developed speaking pyramid through 5 stages: (1) potential problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, and (5) design revisions. The subjects in this study are students of TK Kanisius Jimbaran. We collected data through observation, questionnaire and unstructured interview. Then, we analyzed data in descriptive statistics. The result shows that speaking pyramid is “appropriate” with some improvements by the material expert and “very appropriate” by the media expert. Therefore, speaking pyramid can be used an an English vocabulary learning media to the next trial stage. However, revisions are required.