Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS
Main Author: | Winarsih, Maya |
---|---|
Other Authors: | Mampouw, Helti Lygia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19268 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Mosharafa: Pendidikan Matematika Vol. 8 Tahun 2019 dan dapat diakses di http://journal.institutpendidikan.ac.id.
- Tujuan Penelitian ini untuk mengungkap profil pemahaman materi himpunan oleh siswa berdasarkan perbedaan kemampuan matematika ditinjau dari teori APOS. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas VIII MTs Negeri Ngablak Magelang dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Peneliti sebagai instrumen utama dibantu soal tes mengenai himpunan dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh adalah siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada level skema trans karena mampu melakukan aksi, proses, objek dan skema. Siswa berkemampuan matematika sedang berada pada level skema inter karena mampu melakukan aksi dan proses namun belum mampu menghubungkan objek dengan skema. Siswa berkemampuan matematika rendah berada pada level skema intra karena mampu melakukan aksi namun mengalami kesulitan pada bagian proses sehingga tidak dapat membangun suatu objek.
- The purpose of this research is to describe the profile of undertanding set by students based on difference of mathematical abilities in terms of APOS theory. The subjects consisted of 3 eighth grade students of MTs Negeri Ngablak Magelang with high, medium, and low in mathematical ability. The reseacher as the main instrument is assisted with test questions and interview guidelines. The results obtained are student with high mathematical abilities is at the trans’s scheme level, because she is able to carry out actions, processes, object and scheme. Student with medium mathematical abilities is at the inter,s scheme level, because he is able to carry out actions and processes but has not been able to connect objects with schemes. Student with low mathematical abilities is at intr’s scheme level, because he is able to take action but has difficulty in the process so that he cannot build an object.