Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender

Main Author: Diana, Putri Nur
Other Authors: Mampouw, Helti Lygia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19266
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Mei 2019 Vol. 3 No. 1 dan dapat diakses di http://j-cup.org/index.php/cendekia.
  • Perbedaan gender dapat berpengaruh pada kemampuan pedagogical content knowledge guru matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pedagogical content knowledge guru matematika berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek terdiri dari satu guru perempuan dan satu guru laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut kedua guru sudah melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik, sudah menerapkan model-model pembelajaran yang ada untuk peserta didik, sudah melakukan penilaian sesuai dengan aspek penilaian kurikulum 2013. Kedua guru kurang dalam penggunaan alat peraga saat pembelajaaran matematika. Guru perempuan lebih aktif pada saat pelaksanaan pembelajaran dibandingkan dengan guru laki-laki. Guru perempuan lebih paham mengenai materi yang ada dalam kurikulum 2013. Untuk keseluruhan, pedagogical content knowledge guru matematika terlihat lebih unggul guru perempuan dibandingkan dengan guru laki-laki.
  • The differences of gender can be affect the ability pedagogical content knowledge of mathematics teachers. The purpose of this study is to find out the mathematics teacher's pedagogical content knowledge by gender. This type of research is qualitative descriptive. The subject consisted of one female teacher and one male teacher. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study indicate that according to the two teachers have carried out mathematics learning well, have implemented existing learning models for students, have carried out assessments in accordance with aspects of the 2013 curriculum assessment. Both teachers lack the use of teaching aids during mathematics learning. Female teachers are more active during learning than male teachers. Female teachers are more aware of the material contained in the 2013 curriculum. For the whole, mathematics teacher's pedagogical content knowledge looks superior to female teachers compared to male teachers.