Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Berdasarkan Teori Wallas

Main Author: Putri, Yohana Daning Listiyana
Other Authors: Pratama, Fika Widya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19260
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 April 2019 dan dapat diakses di http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/4616.
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa sesuai dengan teori Wallas, dan ditinjau dari gaya kognitif secara psikologis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa dari SMP Kristen 2 Salatiga, yang terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI), dan 3 siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD). Teknik pengambilan subjek adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, subjek FI dapat melakukan semua tahap proses berpikir kreatif sesuai dengan teori Wallas (persiapan, inkubasi, penerangan, verifikasi) dengan baik, dibandingkan dengan subjek FD.
  • The purpose of this study is to know the process of creative thinking of students according to the theory of Wallas, and reviewed of the cognitive style of psychology. The type of this research is descriptive qualitative. The subject in this study amounted to 6 students from SMP Kristen 2 Salatiga, which consisted of 3 students with cognitive style Field Independent (FI), and 3 students with cognitive style Field Dependent (FD). The subject taking technique is a purposive sampling. Based on the results of analysis and discussion, the subject of FI can carry out all stages of the process of creative thinking according to Wallas's theory (preparation, incubation, illumination, verification) well, compared to the subject of FD.