Deskripsi Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo

Main Author: Nuringtyas, Sesilia Intan Kusuma
Other Authors: Yunianta, Tri Nova Hasti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19252
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 Juni 2019 dan dapat diakses di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index.
  • Salah satu cara untuk mengukur kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah pada siswa adalah tujuan dari Taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO terdiri dari lima level, yaitu level Pre-Structural, Uni-Structural, Multi-Structural, Relational, dan Extended Abstract. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linear dua variabel (PLDV) siswa kelas IX SMP ditinjau dari Taksonomi SOLO. Penelitian ini terdiri dari tiga subjek, yaitu subjek berkemampuan kognitif tinggi (DW), berkemampuan kognitif sedang (RN) dan berkemampuan kognitif rendah (AB). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data dalam penelitian ini dijamin menggunakan triangulasi metode. Adapun hasil peneitian ini bahwa soal PLDV yang telah disusun berdasarkan lima level Taksonomi SOLO dapat menunjukan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan kognitifnya. Dalam hal ini subjek berkemampuan kognitif tinggi (DW) mampu mencapai lima level soal Taksonomi SOLO dan subjek berkemampuan kognitif sedang (RN) mampu mencapai tiga level soal Taksonomi SOLO. Sehingga dapat dikatakan bahwa kedua subjek tersebut mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan persamaan linear dua variabel (PLDV). Sedangkan subjek berkemampuan kognitif rendah (AB) mampu mencapai satu level Taksonomi SOLO, sehingga dapat dikatakan subjek belum mampu memahahami dan menyelesaikan permasalahan PLDV.
  • A way for measuring students’ comprehension and problem solving is the purpose of SOLO Taxonomy. It consist of five levels these are, Pre-Structural, Uni-Structural, Multi-Structural, Relational, and Extended Abstract. This is qualitative descriptive research which aims to describe grade IX student’s cognitive abilities to solve the problem of Linear Equation of Two Variables (PLDV) using SOLO Taxonomy. This research includes three subjects, there are subject with high cognitive ability (DW), moderate cognitive ability (RN), and low cognitive ability (AB). For collecting the data, it uses writing test, interview, and documentation, then the credibility is guaranteed by using triangulation method. The result from the research is Linear Equation of Two Variables (PLDV) which are arranged based on the five levels of SOLO Taxonomy, it can indicate strudents’ comprehension ability and problem solving based on their kognitif ability. In this case the subject with the high cognitive ability (DW) be able to reach five levels of SOLO Taxonomy and subject with moderate cognitive ability (RN) can reach three levels of SOLO Taxonomy. It can be concluded that those two subjects can comprehend and solve the problem of Linear Equation of Two Variables (PLDV). Whereas, subject with low cognitive ability (AB) can reach one level of SOLO Taxonomy, it can be concluded that the subject cannot comprehend and solve the Linear Equation of Two Variables (PLDV) problems.