Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Eduecotourism Berbasis Potensi Lokal

Main Authors: Hasanah, Hafidhah, Suryadarma, I Gusti Putu
Other Authors: Krave, Agna Sulis, Priyayi, Desy Fajar, Nugroho, Rully Adi, Meitiniarti, V. Irene, Kasmiyati, Sri, Kristiani, Elizabeth Betty Elok, Sucahyo, Situmorang, Risya Pramana
Format: Article Proceeding application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19166
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD eduecotourism berbasis potensi lokal yang layak digunakan oleh peserta didik dan pendidik sebagai alternatif sumber belajar; dan (2) mengetahui keefektifan LKPD eduecotourism berbasis potensi lokal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMA N 1 Grobogan. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji efektivitas adalah kuasi eksperimen Pretest Posttest Control Group Design. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 36 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang dihimpun adalah data hasil wawancara pada analisis kebutuhan dan data mengenai saran perbaikan LKPD dan instrumen soal pretest dan post-test oleh expert judgement, praktisi maupun peserta didik. Data hasil penilaian LKPD, keterlaksanaan kegiatan, dan indikator kemampuan berpikir krtitis peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data skor kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan teknik gain score. Instrumen penilaian data menggunakan lembar penilaian LKPD, lembar penilaian silabus dan RPP, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar soal, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran biologi di sekolah. Secara keseluruhan validasi kualitas oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan praktisi yaitu kategori sangat baik (nilai total ketiga aspek, yakni aspek materi, konstruksi dan bahasa memiliki rata-rata 4,3) dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan data pretest dan post-test, nilai gain standar pada kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,66 dengan kategori sedang.