Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Sempoa Botol pada Siswa Kelas 4 SDN Gendongan 01 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Yanti, Wiji
Other Authors: Wasitohadi, Rahayu, Theresia Sri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
TGT
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19111
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas 4 SDN Gendongan 01 melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan sempoa botol dalam pembelajaran Matematika.Motivasi belajar matematika siswa dilihat dari hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar. Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan baik. Penelitian dilaksanakan di SDN Gendongan 01, Kota Salatiga. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 4 berjumlah 37 siswa.Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan model PTK yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengambilan data yaitu pengamatan dan skala motivasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitataif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas 4 SDN Gendongan 01 dalam pembelajaran matematika dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan sempoa botol. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan bahwa 59% siswa mencapai kriteria motivasi tinggi, sedangkan 41% kriteria motivasi sedang. Pada siklus II, penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan sempoa botol disertai perbaikan tindakan berupa siswa dimotivasi untuk bertanya dengan menunjukkan media sempoa botol, jenis permainan dimodifikasi menjadi permainan yang dilakukan di depan kelas serta berkompetisi dengan kelompok lain, dan penyampaian pendapat dilakukan melalui tindakan yang berkontribusi untuk menyelesaikan permainan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 89% siswa mencapai motivasi belajar pada kriteria tinggi. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran TeamsGames Tournament untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.