Peningkatan Minat Belajar Tematik Mupel IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Siswa Kelas V SDN Salatiga 09 Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Imami, Fachrul |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi, Rahayu, Theresia Sri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19106 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada muatan pelajaran IPA. Rendahnya minat belajar tersebut dikarenakan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) Untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu tema Peristiwa Dalam Kehidupan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada siswa kelas V SDN 09 Salatiga. (2) Untuk mengetahui cara penerapan pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu tema Peristiwa Dalam Kehidupan pada siswa kelas V SDN 09 Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru kelas dan dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus trdiri dari 2 pertemuan yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Salatiga 09 yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan minat belajar tematik mupel IPA siswa kelas V SDN Salatiga 09. Peningkatan ini dapat dilihat pada hasil angket minat pada pra siklus mendapatkan rata-rata 69,38%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I presentase siswa menjadi 72,40%. Dari hasil siklus I, peneliti masih melakukan perbaikan dalam pembelajaran dan presetase yang didapat 89,75% (2) Penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan minat belajar tematik mupel IPA siswa kelas V SDN Salatiga 09. Hal ini dikarenakan model pembelajaran scramble dilaksanakan dengan langkah-langkah: guru menyampaikan materi pembelajaran secara singkat, guru membagi siswa menjadi kelompok heterogen yang terdiri dari 3-5 siswa, siswa bekerja dalam kelompok untuk menjawab soal dengan merangkai jawaban yang telah disiapkan secara acak, penyampaian dan pembahasan hasil kerja siswa, pemeriksaan dan penilaian hasil kerja siswa.