Penggunaan Metode Fast Feedback Model Voting dalam Pembelajaran Fisika Tentang Pembentukan Bayangan pada Cermin Cembung

Main Author: Dewi Yuliana, Morita
Other Authors: Sudarmi, Marmi, Noviandini, Diana
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika FSM-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1851
Daftar Isi:
  • Pada umumnya, untuk memperoleh umpan balik siswa, guru memberikan tes atau tugas setiap akhir pelajaran atau akhir bab. Namun dengan kapasitas kelas yang menampung >30 siswa menjadikan koreksi terhadap tugas atau tes tersebut membutuhkan waktu yang lama sehingga kesalahan siswa terlambat diketahui. Untuk mengatasi hal tersebut, metode fast feedback yaitu metode yang teknik koreksinya cepat dapat menjadi solusi sehingga kesalahan siswa dapat segera diketahui dan dilakukan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh feedback secara cepat pada kelas besar, mengembangkan model fast feedback yang baru yaitu metode fast feedback model “votingâ€�, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menerapkan metode fast feedback model “votingâ€� dengan materi tentang pembentukan bayangan pada cermin cembung serta menguji keberhasilan pembelajaran yang menerapkan metode fast feedback model “votingâ€� terhadap pemahaman siswa pada pembentukan bayangan pada cermin cembung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan guru sebagai peneliti. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa. RPP diimplementasikan di kelas. Kartu tugas yang diberikan dikerjakan secara individu dan mengelompokkannya berdasarkan opsi yang tersedia dengan pengawasan pengajar. Jika jumlah siswa yang menjawab benar ≥70%, maka diberikan tugas baru yang lebih sulit tingkat kesulitannya. Jika belum mencapai 70% dilakukan pembelajaran. Demikian seterusnya sampai tugas selesai. Lembar observasi diisi oleh rekan peneliti lain saat pembelajaran berlangsung. Data yang telah diperoleh dianalisa secara deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa waktu yang dibutuhkankan untuk memperoleh satu siklus feedback adalah kurang dari alokasi waktu yang disediakan sehingga metode fast feedback model “votingâ€� efektif digunakan untuk memperoleh feedback dalam kelas besar untuk mengetahui kesalahan siswa tanpa membutuhkan waktu koreksi yang lama sehingga dapat segera dilakukan perbaikan dan siswa juga dapat mengetahui kesalahannya.