Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas 5 SDN 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Damayanti, Dewi Lis |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/18448 |
Daftar Isi:
- dipublikasikan ke jurnal lain
- Judul dari penelitian ini adalah Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 SD N 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II. Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran Problem Based Learning yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan, serta meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran Problem Based Learning.Hasil observasi aktivitas guru siklus I pada pertemuan pertama memperoleh skor 58%, pertemuan kedua 64%, dan pada pertemuan ketiga 73%, sedangkan aktivitas guru siklus II pada pertemuan pertama memperoleh skor 78%, pertemuan kedua 84%, dan pada pertemuan ketiga 91%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pada pertemuan pertama memperoleh skor 43%, pertemuan kedua 52%, dan pada pertemuan ketiga 62%, sedangkan aktivitas siswa siklus II pada pertemuan pertama memperoleh skor 69%, pertemuan kedua 76%, dan pada pertemuan ketiga 84%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran yang meningkat memberi pengaruh terhadap hasil belajar IPA yang ikut meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar IPA dalam prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata hasil ulangan harian IPA siswa kelas 5 adalah 60,67 dengan ketuntasan belajar 44%. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL , hasil belajar IPA siswa kelas 5 pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,48 dengan persentase ketuntasan 72%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81,85 dengan persentase ketuntasan mencapai 94%.. Sedangkan pada siklus 2 dengan presentase hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan menggunakan pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 Sdn 2 Karanganyar Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 meningkat.