Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V SD Negeri Salatiga 10 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Maktun, Puji
Other Authors: Mawardi, Wardani, Krisma Widi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/18440
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Salatiga 10 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Salatiga 10 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini membuktikan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Salatiga 10 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti dari lembar observasi keaktifan siswa pada siklus 1 dan siklus 2 meningkat sebesar 10%. Dengan jumlah skor 26 dan persentase 65% pada siklus 1, sedangkan siklus 2 meningkat sebesar 75% dengan skor 30. Tidah hanya untuk meningkatan keaktifan belajar, model Problem Based Learning (PBL) juga dapat meningkatkan hasil belajar pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SD Negeri Salatiga 10 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Meningkatnya persentase jumlah ketuntasan siswa terjadi pada setiap siklusnya, mulai dari kondisi awal siswa yang mencapai KKM berjumlah 20 siswa (58,83%), kemudian pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu 25 siswa (73,5%) yang mencapai KKM dan pada siklus 2 ketuntasan meningkat lagi menjadi 34 siswa (100%) atau semua siswa kelas V yang mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria keaaktifan, 2) hasil belajar terus meningkat hingga mencapai tujuan dan indikator pembelajarannya.