Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas 4 SDN 02 Lebak Grobogan

Main Author: Nugroho, Putranto Adhi
Other Authors: Slameto, Radia, Elvira Hoesein
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/18439
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT berbantuan media video pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 02 Lebak Grobogan. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru IPA yang mengajar kelas IV SD Negeri 02 Lebak Grobogan. PTK ini dilaksanakan dalam 2 Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Lebak yang berjumlah 27 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi, dan observasi untuk mengukur keaktifan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif untuk data kuantitatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I, dan nilai tes setelah siklus II. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TGT dengan berbantuan media video pembelajaran pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 02 Lebak Kabupaten Grobogan, Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebelum tindakan atau pra siklus ada 14 siswa (51.85%), setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar menjadi 19 (70.37%). Peningkatan ketuntasan juga terjadi lagi pada siklus II, yakni sebanyakk 24 siswa dari 27 siswa tuntas belajarnya atau sebesar 88.89%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri 02 Lebak Kabupaten Grobogan, Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.