Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas 2 SDN Jimbaran 02 Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Sujadi
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/18243
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif CIRC untuk meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 2 SD N Jimbaran 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 serta meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2 SD N Jimbaran 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas 2 SD N Jimbaran 02 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan pada akhir siklus sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru dan siswa pada kegiatan pembelajaran. Keaktifan guru dalam pembelajaran meningkat 69% pada siklus I, dan menjadi 84% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran meningkat dari 67% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan proses pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata hasil tes Bahasa Indonesia siswa kelas 2 SDN Jimbaran 02 adalah 61,3 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 27%. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I menjadi 69,3 dengan persentase ketuntasan 53%, kemudian setelah pelaksanaan tindakan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata hasil evaluasi matematika meningkat menjadi 83,3 dengan persentase ketuntasan 93%. Berarti penerapan model pembelajaran CIRC terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2 Semester I SDN Jimbaran 02 Tahun Pelajaran 2016/2017.