Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SDN Ngajaran 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang
Main Author: | Ros, Jenni Sketsa |
---|---|
Other Authors: | Mampouw, Helty Lygia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/18181 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya nilai siswa yang memiliki nilai di bawah KKM pada pada mata pelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 01 Ngajaran Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, dan rendahnya nilai siswa disebabkan guru tidak menggunakan alat peraga atau metode selama proses pembelajaran, Penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ngajaran 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 14 siswa dengan teknik sensus sampling. Metode analisis yang digunakan perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil teknik analisis yang digunakan pada uji perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi yang merupakan untuk menguji pengaruh motode yang digunakan terhadap hasil pembelajaran dengan hasil bahwa model pembelajaran matematika realistik (PMR) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 01 Ngajaran Kecamatan Tuntang. Dan model pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan model konvensional.